Home » cara terbaru » 5 Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

5 Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Solusigadget.net – HP Android memang bukan HP sembarangan karena dari gadget tersebut kita bisa melakukan banyak hal seperti menelepon, SMS, browsing internet, bersosial media dan masih banyak lagi. Ukuran layar HP Android yang besar membuat penggunanya bisa nyaman memainkan HP tersebut buat segala kebutuhan, tapi kadang – kadang suka ngeri juga melihat layar HP Android yang besar, suka ada rasa kawatir kalau jatuh pasti ancur tuh layar.

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Namun setidaknya akhir – akhir sudah banyak kok HP Android yang dilengkapi menggunakan balutan pelindung Corning Gorilla Glass yang menjadikannya lumayan tahan terhadap masalah – masalah benturan. Kalau mau dicermati sih ada lagi satu kendala menggunakan layar sentuh berukuran besar seperti Android yakni kejadian ghost typing.

Wah apa itu ghost typing? Apakah semacam hantu yang mengendalikan HP Android? Tentu saja bukan, ghost typing adalah istilah untuk kejadian dimana layar Android bergerak sendiri tanpa disentuh. Masalah ghost typing sendiri cukup merisaukan sebab coba bayangkan tanpa kita apa – apakan tiba – tiba layar Android melakukan aktifitasnya sendiri.

Penyebab dari ghost typing juga bermacam – macam mulai dari crass yang terjadi disistem sebab pemasangan aplikasi yang salah ataupun hingga terkena virus. Bagi yang lagi terkena masalah ghost typing jangan kawatir kawan karena kita kali ini mau membahas gimana sih cara ngatasin ghost typing di layar HP Android.

Lakukan pengecekan pada Charger

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Ketika mengisi daya tenaga biasanya kan kita melihat sekelebat ada sedikit pergerakan tak normal di layar. Itu disebabkan adanya arus listrik yang masuk, jika menggunakan charger bawaan hal itu tak perlu dikuatirkan karena charger bawaan sudah dilengkapi fitur yang menunjang buat pengisian daya HP Android tersebut.

baca juga:  Qualcomm Snapdragon 450, Bagaimana Keunggulannya?

Beda hal dengan saat menggunakan charger abal – abal atau palsu atau tidak ORI yang memungkinkan adanya fitur tak stabil sehingga menyebabkan arus listrik melampaui kapasitas. Nah akhirnya karena kesalahan ini terjadilah yang namanya ghost typing.

Pertama memang tak terlalu terasa namun jika diteruskan memakai charger tak ORI tersebut ghost typing akan semakin nampak muncul pada layar HP Android.

Pelindung Layar yang Bermasalah

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Punya smartphone yang tidak memiliki pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau semacamnya maka perlu membeli pelindung layar sendiri. Nah ternyata pelindung layar yang tak cocokpun bisa juga memicu terjadinya ghost typing.

Bila dirasa pelindung layar sudah kadar luarsa alias sudah terlalu lama coba bersihkan lapisannya, jika ghost typing masih muncul lepas pelindung layar tersebut dan ganti dengan yang baru.

HP Android terjadi over heating

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Memakai Android memang menyenangkan karena dapat melakukan berbagai macam hal, namun perlu diingat jika sudah terlalu lama hentikan dulu pemakain sebentar karena penggunaan berlebih bisa memicu adanya over heating. Apa itu over heating?

Over heating adalah kejadian dimana kondisi HP Android menjadi terlalu panas, hal ini tentunya bahaya bagi kondisi komponen sistem Android itu sendiri khususnya baterai. Tak kalah mengerikan ternyata over heating juga bisa memicu munculnya kejadian ghost typing.

Makanya kalau sudah terasa panas hentikan dulu penggunaan Android, bukan saja bisa mengantisipasi terjadinya ghost typing tapi juga dapat merawat komponen sistem dari ancaman panas berlebih.

Mencoba kalibrasi layar Android

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Ketika ada masalah pada layar maka pengguna Android disarankan melakukan kalibrasi terhadap HP mereka. Proses kalibrasi adalah tindakan pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur.

baca juga:  Atasi Berbagai Masalah Layar Pada Android

Lalu bagaimana cara melakukan kalibrasi layar Android? Mudah saja sebab sudah disediakan alatnya berupa aplikasi MultiTouch Tester atau juga Touchscreen Calibration yang kedua – duanya dapat di unduh melalui Google PlayStore.

Download MultiTouch Tester via Google Play Disini

Download Touchscreen Calibration via Google Play Disini

Bawa ke bengkel HP

Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri

Bila ada masalah dengan kendaraan kita seperti motor ataupun mobil dan kita sudah berusaha memperbaikinya tapi tetap nihil hasil yang didapat maka tak ada kata lain selain membawa kendaran kita tersebut ke bengkel. Tak beda hal dengan HP Android yang apabila kita sudah berusaha menangani ghost typing tapi kok tetap masih ada ya mau bagaimana lagi terpaksa kita serahkan kepada ahlinya.

Jangan lupa tempat service HP berkualitas lah yang harus kita tuju supaya benar – benar memberikan hasil terbaik, jangan yang abal – abal nantinya malah bukan ghost typing jadi terselesaikan malah ada lagi masalah error baru yang muncul.

Ok mungkin sedikit 5 hal diatas yang bisa saya katakan di edisi review Cara Mengatasi Touchscreen Error Bergerak Sendiri kali ini. Jika dirasa review-nya bermanfaat bantu share ya, terimakasih.

About Aris Ahmad

Tinggal di Malang, sebuah kota indah dengan berbagai culture budaya. Aris Ahmad belajar menjadi penulis dari sejak 2015 hingga sekarang. Mengisi beberapa web tentang teknologi termasuk salah satunya milik sendiri (http://solusigadget.net). Semoga tulisan yang ada di website ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.